Tipe Saham (Bagi Anda yang ingin membawa perusahaannya Go Publik)

anda harus mempelajari beberapa tipe saham agar paham bagaimana cara menjual saham dengan baikApakah semua saham sama tipenya? Dan apakah untuk bisa Go Publik harus menjual saham dengan tipe tertentu,

dalam artikel ini kita akan mengulasnya, mungkin Anda yang mau mendirikan perusahaan dan atau bagi Anda yang sudah layak membawa perusahaannya untuk Go Publik sebagai strategi untuk menggalang dana bias menemukan jawabannya di dalam artikel-artikel yang ada di portal ini.

Baca : Cara menentukan Jumlah Saham saat Anda mendirikan Perusahaan
Baca : Go Publik dengan menjual Saham.

Pada prinsipnya Saham dibagi menjadi dua tipe, 
yaitu saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferrend stock), atau juga sering disebut saham istimewa. Yang dimaksud :
  1. Saham biasa atau common stock: Saham yang tidak memilki keistimewaan tertentu, biasanya saham tipe inilah yang banyak dijual.
  2. Saham preferen atau preferrend stock : Saham yang memiliki keistimewaan, adapun keistimewaannya ini banyak ragamnya.

Keistimewaan Saham preferen:

a.    Pembayaran dividen dengan jumlah tetap setiap tahun. Jika perusahaan menerbitkan saham preferen tipe ini, maka perusahaan harus membayar dividen dengan jumlah tetap setiap tahun, baik perusahaan dalam keadaan merugi maupun untung. Saham preferen dengan pembayaran dividen tetap ini sama dengan obligasi dengan bunga tetap.

b.   Pembayaran dividen kumulatif. Saham preferen ini  menjanjikan perusahaan penerbit harus membayar semua dividen yang terhutang pada tahun-tahun yang lalu, misalnya emiten karena suatu hal,mengambil kebijaksanaan tidak membayarkan dividen selama 2 tahun berturut-turut. Dalam tahun ketiga, seandainya emiten mengambil kebijaksanaan membayarkan dividen, maka emiten harus melunasi dividen saham preferen selama tiga tahun.

c.    Adjustable dividend. Saham preferen tipe ini jumlah pembayaran dividen nya menyesuaikan dengan saham biasa. Penyesuaian tersebut tidak berarti besarnya dividen saham preferen sama dengan dividen saham biasa, tetapi bisa lebih tinggi, tergantung dari perjanjian yang dibuat. Emiten yang mnegeluarkan saham preferen adjustable dividend, biasanya sedang mengalami kesulitan mendapatkan dana dari sumber –sumber tradisional.

d.   Callability.Emiten bisa mempunyai hak untuk membeli saham preferen yang telah dikeluarkannya. Dalam kasus ini, biasanya emiten akan mengajukan penawaran harga beli diatas harga nominal. Hak pembelian kembali inilah yang dimaksud callability

Lihat : Syarat Mendapatkan Investor Luar

e.   Convertible preferrend stock. Saham preferen ini mempunyai arti saham yang dipegang investor bisa ditukarkan dengan saham biasa. Misalnya ada emiten yang mengeluarkan saham preferen yang memberikan kesempatan bahwa pada suatu saat tertentu nanti, investor bisa menukarkan setiap suatu lembar saham preferen yang dipegangynya dengan tiga lembar saham biasa.

Pemilihan tipe saham untuk Go Publik tergantung kondisi dan strategi yang dipilih emiten. Tentu saja Anda sebagai penerbit saham perusahaan lebih memilih menerbitkan saham biasa semuanya.
Untuk itu perusahaan perlu mempertimbangkan menerbitkan saham preferen, dalam penerbitan saham preferen inipun perlu dipertimbangkan strateginya, misalnya seperti disebut dalam point c jika perusahaan mengalami kesulitan untuk mendapatkan dana dari sumber tradisional (Saham biasa, Obligasi atau Hutang Bank) bisa menerbitkan saham preferen adjustable dividend.
[sumber Sawidji Widoatmodjo,ditulis oleh team pusatinvestor]
sumber gambar; business