3 jenis resiko usaha asuransi sebelum anda investasi atau membeli sahamnya

resiko investasi di asuransiAnda pemilik dana yang jumlahnya besar dan masih mencari instrumen investasi yang bagus, seperti investasi di sektor investasi.

tapi ingat, semua jenis investasi punya resiko

Mungkin anda berniat akan melakukan Investasi disektor asuransi atau ingin membeli saham asuransi atau ingin membeli polis asuransi, tidak salahnya kami paparkan jenis resiko yang ada di sektor asuransi.

Lantas seperti apa jenis resiko itu.

3 jenis resiko di sektor asuransi

Jenis-jenis resiko yang umum dikenal dalam usaha perasuransian antara lain meliputi:

  1. Resiko murni (pure risk)
  2. Resiko spekulatif (speculative risk)
  3. Resiko Individu (individual risk)

Resiko murni

Resiko murni atau pure risk berarti bahwa ketidakpastian terjadinya suatu kerugian atau dengan kata lain hanya ada peluang merugi dan bukan suatu peluang keuntungan.

Resiko murni adalah suatu resiko yang bilamana terjadi akan memberikan kerugian dan apabila tidak terjadi tidak menimbulkan kerugian akan tetapi juga tidak meberikan keuntungan.

Contohnya:

mobil yang dikendarai mungkin tertabrak atau rumah mungkin akan terbakar, kapal dan muatannya mungkin akan tenggelam.

Apabila suatu kapal yang diasuransikan dan kemudian tenggelam, maka bagi pemilik akan mengalami kerugian, namun bilamana kapal tersebut tidak tenggelam maka sipemilik tidak mengalami kerugian dan tidak juga mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu resiko murni inilah disebut sebagai resiko dalam asuransi dan merupakan subjek asuransi, dalam operasi perusahaan asuransi senantiasa dihadapkan pada jenis resiko murni ini.

Resiko spekulatif

Resiko spekulatif atau speculative risk adalah resiko yang berkaitan dengan terjadinya dua kemungkinan yaitu peluang mengalami kerugian finansial atau peluang memperoleh keuntungan. Perbedaan resiko murni dan resiko spekulatif adalah dalam resiko murni kerugian terjadi atau tidak akan terjadi sama sekali. Misalnya melakukan investasi saham di bursa efek atau membeli undian dan sebagainya.

Resiko Individu

Pada prinsipnya kita senantiasa dihadapkan pada resiko di dalam kehidupan sehari-hari misalnya resiko akan timbul bila memiliki mobil, memberli rumah, melakukan investasi dalam suatu usaha atau menyewa apartemen, hal-hal tersebut semuanya akan menimbulkan kerugian keuangan.

Resiko individu ini dapat dibagi menjadi tiga macam resiko, sebagai berikut: resiko pribadi (personal risk), resiko harta (property risk), resiko tanggung gugat (liability risk).

masih ada jenis intrumen lain kalau anda ingin memutar modal, seperti investasi di perusahaan modal ventura.

perusahaan ini melakukan investasi lagi dalam bentuk penyertaan modal kepada perusahaan pasangan usahanya, lebih detail ini artikelnya:

 

 

[disusun oleh team pusatinvestor]
Sumber gambar : action