Ini dia tarif besaran uang tebusan peserta program Tax Amnesty, program yang berlaku juli 2016 sampai maret 2017

Ini dia tarif besaran uang tebusan peserta program Tax Amnesty, program yang berlaku juli 2016 sampai maret 2017
Tarif uang tebusan di program tax amnesty sangat menarik, sumber gambar kiplinger

Sejak dilaunching oleh Presiden Jokowi di Surabaya pada 18 Juli 2016, Program Tax Amnesty menggairahkan semua pihak dan membuat panik negara tax heaven. dikabarkan bahwa banyak peserta yang berminat untuk mendaftar program tax amnesty ini yang hanya berlaku mulai juli 2016 sampai 31 maret 2017.

baca dulu : apa itu tax amnesty

namun..

kita perlu membantu pemerintah untuk mensosialisasikan program ini agar sukses,

nahh..untuk itu kami mengambil sudut pandang bahwa berapa besarnya uang tebusan yang harus dibayar oleh peserta program tax amnesty ini.

Berikut ini kita sajikan besaran tarif pajak yang harus ditebus oleh peserta program tax amnesty sudah mulai berlaku 18 Juli 2016

besarnya sangat bervariatif dan sangat menarik.

Setiap wajib pajak yang sudah memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP)  dan tidak sedang berperkara di pengadilan terkait perkara pidana pajak berhak mendapatkan amnesty pajak.

Besaran uang tebusan tersebut dihitung dengan system berjenjang secara kuartal sampai 31 maret 2017, artinya periode masa tax amnesty dibagi dalam tiga kuartal dan akan berakhir pada 31 maret 2016, untuk itu perlu kita sosialisakan program pemerintah yang sangat bermanfaat ini.

baca juga : berapa jumlah uang orang indonesia yang diparkir di luar negeri
baca juga : apa itu asuransi

Besaran Uang Tebusan Program Repatriasi Asset ke dalam Negeri

Kuartal I, periode hingga 30 september 2016 untuk wajib pajak (WP) yang mendeklarasikan sekaligus merepatriasi assetnya dikenakan tarif uang tebusan 2 persen.

Kuartal II, periode 1 oktober- 31 Desember 2016 untuk wajib pajak yang mendeklarasikan sekaligus merepatriasi assetnya dikenakan tarif  uang tebusan 3 persen.

Kuartal III periode 1 januari 2017-31 maret 2017 untuk mereka wajib pajak yang mendeklarasikan dan sekaligus merepatriasi assetnya dikenakan tariff uang tebusan sebesar 5 persen.

Jadi system ini mendorong wajib pajak untuk segera bertindak agar bisa mendapatkan tarif uang tebusan yang murah dan sekaligus membantu pemerintah menggerakkan pembangunan yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat ke kehidupan yang layak.

Besaran Uang Tebusan Program Deklarasi Asset yang ada di Luar Negeri

Bagaimana mereka wajib pajak yang hanya mendeklarasikan assetnya, berikut ini besaran tarifnya.

Kuartal 1 periode hingga 30 september 2016 wajib pajak yang hanya mendeklarasikan jumlah keseluruhan assetnya di luar negeri dikenakan tarif uang tebusan 4 persen

Kuartal II periode 1 oktober 2016- 31 desember 2016 untuk wajib pajak yang hanya mendeklarasikan total dananya atau assetnya di luar negeri harus membayar uang tebusan 6 persen.

Kuartal III periode 1 januari 2017- 31 maret 2017 wajib pajak yang hanya ikut mendeklarasikan assetnya diluar negeri tanpa merepatriasi assetnya dikenakan tariff sebesar 10 persen.

Bagi peserta program Tax amnesty tersebut juga disyaratkan jika mempunyai permohonan atau pengajuan pengembalian kelebihan pajak (restitusi) harus dicabut serta gugatan lain yang terkait gugatan pengurangan atau keberatan pajak.

Khusus bagi pelaku usaha mikro,kecil dan menengah (UKMK) yang hanya mempunyai omzet sampai Rp.4,8 milliar dikenakan tariff uang tebusan yang ringan. Untuk wajib pajak yang total jumlah hartanya sampai Rp.10 milliar dikenakan tarif 0,5 persen sedangkan yang jumlah hartanya diatas Rp.10 milliar dikenakan tarif uang tebusan 2 persen.

Jangan kwatir jenis pajak yang bisa diberikan ampunan sanksinya meliputi

  • Pajak Penghasilan (PPh)
  • pajak pendapan nilai (PPN) dan
  • pajak pendapatan barang mewah (PPnBM).

Nilai utang pajak yang bisa dikurangkan dari kewajiban pajak untuk wajib pajak badan paling besar 75 persen dari total penambahan harta bersih

Sedangkan wajib pajak perorangan nilai utang yang bisa dikurang dari kewajiban pajak maksimal 50 persen dari penambahan harta.

jadi berdasarkan besaran tarif pajak

yang ringan dalam program tax amnesty tersebut tentu menjadi daya tarik.

Uang tebusan yang harus dibayar oleh pemilik harta di luar negeri ini kecil

sehingga tidak perlu lagi untuk menutupi informasi kepemilikannya.

jika anda sebagai pemilik dana atau harta yang selama ini belum menyampaikannya di dalam SPT Tahunan maka segeralah untuk mendaftar di kantor pelayan pajak tempat anda mendaftarkan dan mendapatkan nomor pokok wajib pajak (NPWP)

[diolah dari berbagai sumber, disusun tim pusatinvestor]