Indonesia masih Impor Gula,Kok bisa?

Pabrik GulaPabrik Gula di Indonesia biasa disingkat PG, baik milik Swasta maupun milik BUMN mulai munculsejak era Kolonialisme, dengan diperkenalkannya sistem Hak Sewa Tanah Penggunaan selama 70 Tahun.

Thailand mampu memproduksi 10,61 Juta Ton Gula/Tahun, sedangkan Indonesia hanya mampu memproduksi 2,55 Juta Ton Gula/Tahun.

Thailand bisa mengekspor Gula ke beberapa negara sebanyak 8 Juta Ton/Tahun yang 30% nya di ekspor di Indonesia, Artinya setiap Tahun kita mengimpor Gula dari Thailand sebanyak 2,6 Juta Ton/Tahun.

[Baca : Syarat dan Ketentuan Pinjaman Investor Proyek]

Selama Ini Konsumsi Gula Indonesia 3 Juta Ton/Tahun sedangkan Produksi Gula Indonesia berkisa 2,5-2,7 Juta Ton/Tahun artinya ada Gap 0,3-0,5 Juta Ton/Tahun.

Total Konsumsi Gula Nasional kini : 5,7 Juta Ton/Tahun. 2,8Juta  Gula Kristal Putih untuk Konsumsi Masyarakat langsung, dan 2,9 Juta Ton gula kristal rafinsi (GKR) untuk memenuhi kebutuhan industri.

Jumlah Pabrik

Thailand memiliki 50 Pabrik Gula, Kapasitas 940.000 TCD (ton tebu per hari)
Indonesia memiliki 62 Pabrik Gula Kapasitanya hanya 205.000 TCD (ton tebu per hari).

Rendemen:

Rendemen Pabrik Gula di Thailand 11,82 persen
Rendemen Pabrik Gula di Indonesia 7 Persen.

Luas Lahan Perkebunan Tebu:

Luas Lahan Perkebunan di Thailand 1,35 juta hektare
Sedangkan di Indonesia hanya 469 ribu hektare (dan terpusat di Pulau Jawa)

[Baca : cara menetukan jumlah saham saat mendirikan perusahaan]

Fakta Sekarang:

Indonesia Negara Pengimpor Gula Nomor 3 di Dunia.

Syarat untuk Membangun Pabrik Gula :

Lahan minimal 50.000-7000 Ha Perkebunan Tebu
Kapasitas Produksi 10.000 Ton/Hari
Investasi Minimal Rp.800 Miliar, Rp1,5 triliun sampai Rp2 triliun untuk membangun pabrik, dengan kapasitas giling sebesar 10.000 TCD (ton tebu/hari).

Dengan membangun Pabrik Gula sendiri setidaknya Indonesia berusaha mengurangi ketergantungan Impor Gula, dan meningkatkan Kesejahteraan Petani Tebu, membuka lapangan Pekerjaan, dan Meningkatkan Pendapat Negara.

penting, anda mengetahui cara menghitung bunga pinjaman bank, baca artikel: 5 sistem bunga perbankan yang mempengaruhi besarnya cicilan hutang anda

(diolah dari berbagai sumber) Pusat Investor

sumber gambar : factory