Berapa jumlah keseluruhan dana atau harta orang Indonesia yang disimpan di luar negeri?

Banyak kalangan mungkin selama ini hanya bisa meraba berapa jumlah keseluruhan dana atau harta  orang Indonesia yang berada di negeri orang dan tidak dilaporkan atau tidak dibayarkan pajaknya kepada pemerinta Republik Indonesia.

kali ini kita akan mengulas berapa jumlah keseluruhan dana orang indonesia atau berapa jumlah harta orang indonesia yang disimpan di luar negeri. harta ini bisa berupa apartemen, office, villa, pabrik, deposito, tabungan, obligasi, atau saham yang tidak dilaporkan atau disampaikan dalam surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak.

sehingga harta tersebut luput untuk ditarik pajaknya atau dengan kata lain kepemilikan dana atau harta tersebut oleh pemiliknya tidak dibayarkan pajaknya.

Perkiraan Menteri Keuangan tentang jumlah dana orang Indonesia cukup besar

Berapa total dana orang Indonesia yang diparkir di luar negeri? Menurut sumber dari Pemerintah dalam hal ini menteri keuangan diperkirakan ada sekitar  Rp.3.500 triliun sampai Rp.4.000 trilliun , jumlah yang sangat besar ya, melebihi jumlah dana APBN 2016 yang hanya Rp.2.095,7 triliun.

baca dulu : apa itu tax amnesty
baca dulu : sumber-sumber dana bank

Kita sangat bersyukur dengan adanya kebijakan Tax Amnesty yang telah diluncurkan oleh pemerintah pada 18 juli 2016

banyak kalangan, pakar,praktisi keuangan menilai bahwa kebijakan ini bisa menambah aliran uang masuk ke dalam negeri dan meningkat investasi sector riil yang sangat berdampak kepada pembangunan dan pendapatan masyarakat.

jika saja seluruh jumlah dana atau harta orang Indonesia yang diparkir di luar negeri ini kembali ke dalam negeri maka pasar modal akan kebanjiran modal, perbankan akan kebanjiran likuiditas.

Dan bahkan banyak proyek-proyek pemerintah yang mendapatkan investasi langsung dari orang indonesia yang memulangkan dananya tersebut.

Kebijakan ini menimbulkan antusiasme baik bagi kalangan perbankan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga bagi perusahaan asuransi. Konon ada bank yang harus memcreate, mendesain produk perbankan yang sangat cocok untuk menampung aliran dana dari kebijakan program pengampunan pajak ini.

lihat dulu : kelebihan menjadi perusahaan terbuka
lihat dulu ; usaha bank dan jasa-jasa bank

Ada informasi bahwa di semester II 2016 ekonomi Indonesia membaik dan banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah mendaftar dalam program Tax Amnesty ini, dan banyak warga negara Indonesia yang memulangkan dananya kembali ke Indonesia karena memberikan return yang lebih menarik dibanding return investasi di luar negeri  (atau istilah kerennya di negara-negara Tax Heaven).

Tax Heaven itu sendiri adalah negara-negara yang memberikan keringanan pajak dan bahkan ada negara yang memberikan pajak 0% bagi mereka yang mau menyimpan dananya di negara tersebut.

Dan negara tersebut memberikan komitmen tidak akan mempublikasikan kepemilikan dana tersebut kepada khalayak ataupun kepada pemerintah negara asal pemilik dana.

Sudah tersiar kabar dengan adanya program tax amnesty yang ditempuh oleh pemerintah yang sudah berlaku sejak 18 juli 2016 sampai 31 maret 2017 ini menimbulkan kepanikan bagi negara tetangga yang sudah dikenal sebagai negeri tax heaven, yakni singapura.

konon pemerintah singapore harus rela untuk menebus uang tebusan sebesar 4 persen untuk di kuartal I bagi orang Indonesia yang tetap mermarkir dananya di singapore dan hanya cukup mendeklarasikan saja assetnya kepada pemerintah RI.

jika artikel ini menarik, mohon di share ya…

[sumber diolah dari berbagai sumber, pusatinvestor]

 

Sumber gambar :aeroplane