4 jenis opini akuntan yang bisa menentukan penilaian investor

opini akuntan publikJangan diabaikan, kalau tidak ingin mendapatkan pendanaan besar dari modal investor atau venture capital

Opini yang diberikan akuntan publik

Sangat berpengaruh…

Karena pihak pemberi pinjaman akan menjadikan laporan hasil audit dari akuntan publik sebagai tolok ukur untuk menilai kinerja perusahaan anda.

Kalau anda ingin melantai dibursa efek tentu laporan hasil audit dari akuntan public harus dilampirkan.

Ringkasnya…

Output yang dihasilkan dari suatu proses audit terhadap laporan keuangan emiten adalah berupa pendapat akuntan publik terhadap laporan keuangan tersebut.

Secara umum terdapat 4 jenis opini yang dikeluarkan akuntan yaitu:

#1.Pendapat wajar tanpa pengecualian

atau istilah lainnya Unqualified Opinion

pendapat ini disebut juga unqualified opinion, clean opinion, pendapat tanpa cacat, pendapat bersih, pendapat WTP (wajar tanpa pengecualian) dan lain-lain.

Akuntan akan memberikan pendapat seperti ini apabila laporan keuangan secara umum menggambarkan posisi keuangan dan hasil usaha yang wajar yang didasarkan pada penerapan standar akuntansi yang berlaku umum dan diterapkan secara konsisten.

#2.Pendapat wajar dengan pengecualian

istilah lainnya Qualified

Pendapat ini disebut juga pendapat wajar dnegan pengecualian, qualified opinion, pendapat wajar dengan catatan, atau pendapat bersyarat.

Pendapat ini akan diberikan oleh akuntan apabila ia meniali bahwa laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam arti disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan dilihat dari keseluruhan laporan,

namun ada hal-hal tertentu yang didak dapat diterima oleh akuntan yang sifatnya material tetapi tidak smapai merusak kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan.

#3.Pendapat Tidak Wajar

Istilah lainnya Adverse Opinion

Pendapat tidak wajar disebut juga adverse opinion. pendapat ini diberikan apabila laporan keuangan secara umum menggambarkan posisi yang tidak wajar baik karena banyaknya perkiraan atau jumlah yang menjadi masalah,

maupun karena penerapan prinsip akuntansi lainnya yang tidak tepat atau penerapannya yang tidak konsisten.

Singkatnya pendapat ini diberikan dalam situasi yang bertentangan dengan syarat-syarat agar laporan keuangan dapat dinyatakan wajar.

(untuk yang mempunyai kredit macet, tempu 8 resep jitu dan legal)

#4.Menolak Memberikan Pendapat

istilah lainnya Disclaimer of Opinion

Pendapat ini disebut juga disclaimer of opinion, no opinion atau tidak ada pendapat.

Pendapat ini diberikan apabila akuntan merasa bahwa pemeriksaannya tidak cukup mendukung untuk memberikan suatu pendapat atas laporan keuangan

atau dirinya dianggap tidak independen dalam memberikan pendapat atas laporan keuangan yang diperiksa.

Dari keempat jenis opini diatas anda harus mengejar opini yang pertama..istilahnya WTP, sehingga anda bisa melangkah lebih mulus untuk menggalang pendanaan investor.

untuk mendapatkan pinjaman besar dari investor anda bisa membaca artikel : wujudkan proyek anda bersama investor

sedangkan kalau anda berniat untuk masuk bursa efek bisa membaca artikel-artikel ini:

 

sumber gambar: account